• Satu warga Gorontalo inisial IAR (42) terpaksa harus menjalani karantina di Bandara Djalaludin, Gorontalo, Ahad (29/03/2020). Pasalnya, warga Gorontalo yang baru saja tiba dari Makassar itu teridentifikasi pernah

Rapat Koordinasi Pemanfaatan Dan Pengembangan Aplikasi Jaringan FO (Fiber Optik)

PUPR KOTA GORONTALO - Kamis (12/03/2020) Sofyan Hima, ST mewakili Kepala Dinas PUPR Kota Goronralo menghadiri Rapat Koordinasi Pemanfaatan Dan Pengembangan aplikasi jaringan FO (Fiber Optik) serta Pengelolaan Server yang dilaksanakan di ruang rapat Gorontalo Commad Center (GCC). Sebagai tindak lanjut dari pemasangan jaringan Fiber Optik tersebut di masing - masing OPD, maka akan dilakukan pemanfaatan jaringan FO untuk Aplikasi yang digunakan oleh berbagai OPD, yang telah bekerjasama dengan Icon Plus. 

 

Pengelolaan server harus terkoordinir berdasarkan peraturan Walikota dan Perundang - undangan, kedepannya pengelolaan server akan dilakukan secara terpadu melalui Diskominfo Kota Gorontalo. Untuk akses masih tetap seperti biasa hanya Fisik Server saja yang dipindahkan ke Diskominfo, Berbicara tentang pemeliharaan server dari opd akan dimaksimalkan oleh Kominfo, sementara untuk akses ke server masih seperti biasa, OPD akan menjadi pengguna, admin dan user untuk server tersebut. Hal ini dinilai perlu dilaksanakan karena nantinya jika ada rotasi staf opd tidak akan kesulitan dalam mengelola server, dalam jaringan Fiber Optik ini mungkin akan ditemukan beberapa kendala, seperti kendala cuaca, sementara untuk tingkat keamanan FO dinilai aman untuk jaringan lokal.

 

Diskominfo sudah menyediakan tenaga teknis untuk menjaga keamanan server, fasilitas berupa ruang server, genset dan segala sesuatu yang akan menunjang berjalanya server dan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Selanjutnya Kominfo juga membahas tentang kesiapan OPD pemilik aplikasi untuk menjalankan/menghubungkan aplikasi melalui jaringan FO (Fiber Optik).

 

Kominfo juga akan memberikan Kerangka Website/tampilan standar website untuk seluruh OPD. Untuk server yang sudah siap diserahkan ke kominfo pengelolaannya, akan disurati dan akan diproses serah terima aset server dari OPD ke Diskominfo. Penyerahan Aset akan dilakukan secara resmi dengan melibatkan Badan Keuangan Kota Gorontalo. berbicara tentang Fiber Optik nanti aplikasi pertama yang akan diuji cobakan menggunakan jaringan FO adalah Klikhot dari Bagian Hukum.

 

Sumber : PUPR Kota Gorontalo


Walikota

GALERI FOTO




VIDEO



VIDEO PROFIL KOTA GORONTALO

VOTING


Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi ?