• Untuk mencapai visi SPBE, misi SPBE adalah: 1. Melakukan penataan dan penguatan organisasi dan tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu; 2. Mengembangkan pelayanan publik berbasis elektronik yang terpadu, menyeluruh, dan menjangkau masyarakat luas; 3. Membangun fondasi teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi, aman, dan andal; dan 4. Membangun SDM yang kompeten dan inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Perangkat Jaringan Intranet Kominfo OPD terdiri:

  • Switch BDCom;
  • Mikrotik RB941.


Informasi Penggunaan Port Switch BDCom OPD

  • Port 1 Digunakan untuk jaringan distribusi Intranet & Internet dari KOMINFO ke OPD dan juga sebaliknya;
  • Apabila port ini aktif lampu LED akan berkedip berwarna hijau dan oranye secara bergantian, apabila tidak aktif/mengalami gangguan LED port ini akan menyala berwarna oranye.


Informasi Penggunaan Port Mikrotik OPD

  • Port 1 atau LAN 1 digunakan untuk layanan internet dan intranet OPD dari Kominfo dan sebaliknya;
  • Port 2 dan 3 atau LAN 2 dan 3 digunakan untuk distribusi jaringan internet ke komputer di OPD;
  • Port 4 atau LAN 4 digunakan untuk layanan intranet BKPP (Absensi/Finger);
  • Port 5 atau LAN 5 tidak aktif, dan akan diaktifkan apabila diperlukan oleh OPD.


Penanganan Permasalahan Jaringan di OPD

  • Periksa terlebih dahulu adaptor masing-masing perangkat telah terpasang dengan benar dan mendapatkan suplai listrik pada masing-masing perangkat, hal ini ditandai dengan LED power menyala berwarna hijau;
  • Periksa seluruh kabel LAN antar perangkat telah terpasang dengan benar dan lampu LED port menyala hijau/merah/oranye menandakan kabel tersambung dengan benar;
  • Periksa kabel Optik berwarna kuning dari ODP ke Port 9 atau 10 perangkat Switch BDCom telah terpasang dengan benar dan tidak putus ditandai dengan lampu indikator LED Link/Act menyala hijau/merah/oranye menandakan kabel tersambung dengan benar, jika Port 9 atau 10 perangkat Switch BDCom tidak menyala lampu indikator maka terdapat masalah atau jaringan terputus;
  • Apabila poin 2 atau 3 ditemukan masalah, silakan melaporkan kepada Dinas Kominfo Kota Gorontalo melalui grup PIC dengan bukti foto 2 (dua) perangkat jaringan pada masing-masing OPD yaitu Switch BDCom dan Mikrotik RB941 disertai keterangan telah melakukan prosedur pemeriksaan pada poin 1 sampai 3;
  • Apabila terdapat masalah pada Mesin Absensi dan sudah melakukan prosedur pemeriksaan suplai listrik dan sambungan kabel LAN, silahkan melaporkan ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), dengan catatan jaringan tidak bermasalah/dapat digunakan untuk internet;
  • Apabila aplikasi Registrasi SPM tidak dapat diakses, pastikan telah melakukan konfigurasi sesuai petunjuk dari Badan Keuangan Kota Gorontalo dan jaringan intranet Kominfo dapat digunakan untuk internet (akses Youtube/Google/Facebook). Apabila tetap tidak terhubung silahkan ke Badan Keuangan.

Walikota

GALERI FOTO




VIDEO



VIDEO PROFIL KOTA GORONTALO

VOTING


Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi ?